Minggu, 15 Januari 2012

VULKANISME


Vukanisme adalah proses keluarnya magma dari perut bumi ke permukaan bumi,sedangkan magma adalah campuran batu-batuan dan logam dalam keadaan yang cair, liat, serta sangat panas. Bahan-bahan vulkanis dari gunung berapi dapat berupa padat, cair, dan gas. Bahan padat, misalnya, pasir, bom, lapili, batu apung, dan batu vulkanis. Bahan cair disebut effusifa, (misalnya lava) dan yang berupa gas disebut ekshalasi, sedangkan bahan yang keluar dari gunung berapi ketika terjadi erupsi atau letusan disebut eflata.
Bom ialah batu besar, lapili adalah batu kecil sebesar biji kacang, batu apung adalahlava yang poreus dan berasal dari buih magma yang membeku dengan cepat saat terlempar ke luar, abu vulkanis adalah batuan yang berupa serbuk halus seperti bedak yang diterbangkan angin sampai jarak yang jauh dari gunung api, sedangkan ekshalasi terdiri atas berjenis-jenis gas, seperti asam sulfit (asam belerang), gas belerang, gas asam arang,persenyawaan chloor, gas nitrogen, dan ada sedikit uap air.
Menurut penyelidikan, gunung-gunung api di Indonesia banyak terdapat di daerah retakan kulit bumi sehingga banyak dijumpai pegunungan muda dan gunung api.Diwilayah Indonesia bagian barat terdapat ± 150 buah gunung api dan di wilayah Indonesia bagian timur ± 100 buah.

Menurut bentuknya, gunung berapi ada tiga jenis.
a. Gunung api perisai (aspit)
Gunung api perisai yaitu gunung api yang lerengnya landai (schid vulkaan atau lava vulkaan). Gunung ini hanya terjadi dari lapisan-lapisan lava saja yang meleleh atau mengalir seperti cairan sehingga lerengnya landai. Gunung semacam ini banyak terdapat di Hawai, seperti Gunung Mauna Loa dan Kilauea.
b. Gunung api maar
Gunung api maar terbentuk karena ledakan besar yang hanya terjadi sekali kemudian membentuk lubang seperti corong besar dan dikelilingi oleh tebing yang terdiri atas puing batu-batuan yang dilemparkan ketika terjadi letusan. Gunung api maar terdapat di Eifel, Alpen, Zwabia, dan Auvergne. Di Indonesia, misalnya, Gunung Lamongan di Jawa Timur.
c. Gunung api strato (stratos = lapisan)
Gunung ini berbentuk kerucut dan merupakan bentuk gunung api yang paling banyak, terdiri atas lapisan lava dan hasil vulkanis yang lain yang terjadi berulang-ulang dan terus-menerus dalam jangka waktu yang lama. Gunung semacam ini banyak terdapat di Indonesia, misalnya, Gunung Kerinci, Gunung Krakatau, Gunung Merapi, dan Gunung Semeru.

3 komentar:

Fauzi Online on 14 Juni 2013 pukul 07.37 mengatakan...

terimakasih artikelnya sangat bermanfaat silahkan berkunjung juga ke blog aku yah.. http://uzi-online.blogspot.com Salam kenal

Didah Sahidah on 16 Agustus 2013 pukul 19.33 mengatakan...

buat teman2 UNIVERSITAS NEGERI MALANG salam dari Didah admin Wisata Jawa Barat dan Kawah Putih

vardinasabir on 5 Maret 2022 pukul 02.04 mengatakan...

Top 5 casinos in New Jersey (December 2021) | JtmHub
Here 광주 출장샵 at 원주 출장샵 JMhub we provide over 500 slot machines, table games, video poker, sportsbook, live dealer, 안산 출장마사지 poker, 안동 출장샵 bingo, and 강원도 출장안마 Vegas strip games. Learn More.

Posting Komentar

 

Friends

Blog List